DPRD SEGERA SURATI MUI PERCEPATAN SERTIFIKASI VAKSIN MR
DPRD SEGERA SURATI MUI PERCEPATAN SERTIFIKASI VAKSIN MR

By Rachmat 14 Sep 2018, 12:24:21 WIB Seputar Berita DPRD

Parepare, Rabu, 15 Agustus 2018

Komisi II DPRD Kota Parepare gelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Kesehatan , Dinas Pendidikan, Majelis Ulama Indonesia( MUI) Parepare, pengurus Cabang Nahdlatul Ulama ( PCNU ), Kementerian Agama, dan Pimpinan Daerah ( PD ), Muhammadiyah Parepare, Selasa, 14 Agustus 2018.

RDP digelar di ruangan Komisi II dipimpin Wakil Ketua DPRD Parepare M. Rahmat Sjamsul Alam, SH,MH membahas polemik vaksin Measles and Rubella ( MR) yang belum memiliki sertifikat halal dari MUI. Menurut Beliau saat ini , vaksin pencegah penyakit Campak dan Rubella itu menimbulkan pro kontra di tengah masyarakat dan kami segera menyurat ke MUI Pusat agar proses pembuatan sertifikat MR bisa dipercepat. Kita tunggu fatwa dari MUI, Vaksin ini, harus diperiksa MUI. Selain itu, hasil Rapat Dengan Pendapat Pemerintah melalui Dinas Kesehatan Parepare, perlu melakukan sosialisasi vaksin MR, sambil menunggu fakta dari MUI pusat. Kita tidak bisa mengatakan, halal atau haram, jika belum ada keputusan dari MUI pusat. makanya kita segera menyurat agar MUI Pusat bisa mempercepat sertifikasi MR agar tidak terjadi polemik di masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Parepare, dr. Muhammad Yamin, mengatakan, vaksin MR belum bisa dipastikan halal atau tidak. Tapi, penyakit Rubella berbahaya bagi anak-anak. “ Setia jam ada sekitar 13 orang meninggal di dunia disebabkan penyakit Campak dan Rubella. Pemerintah pusat mengharapkan, di tahun 2020 tidak ada lagi penyakit Campak dan Rubella,” katanya. Menurutnya, penyakit Campak dan Rubella di Indonesia, berada di urutan kelima terbesar di dunia selain itu, penyakit Rubella bisa mengakibatkan cacat dan menular kepada ibu hamil.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment