KEPALA SEKOLAH TAK MILIKI NUKS, GURU TIDAK TERIMA SERTIFIKASI
DPRD Rekomendasi dalam LKPj 2018

By Awaliah Djamal 29 Mei 2019, 10:21:31 WIB Seputar Berita DPRD
KEPALA SEKOLAH TAK MILIKI NUKS, GURU TIDAK TERIMA SERTIFIKASI

Parepare, Jumat, 24 Mei 2019

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Parepare, mendapat catatan atau rekomendasi pada pengesahan LKPj Walikota Parepare TA. 2018

Rekomendasi itu berupa semua Kepala SD dan SMP wajib memiliki Nomor Unit Kepala Sekolah (NUKS).

Sebelum LKPj Walikota Parepare disahkan, Wakil Rakyat melakukan pembahasan khusus melalui rapat gabungan komisi terkait masalah NUKS. NUKS ini menjadi hal mutlak yang wajib dimiliki Kepala Sekolah, setelah terbitnya Permendikbud Nomor 6 tahun 2018 tentang penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah.

Ketua komisi II DPRD Kota Parepare,H Minhajuddin Ahmad ,mengatakan sebelum LPKJ disahkan DPRD membahas NUKS melalui rapat gabungan komisi dan menjadi rekomendasi  pada LPKJ wali kota.

Jika aturan penerapan NUKS tidak dilakukan, maka sekolah yg dipimpin Kepala Sekolah baik yg sudah duduk maupun baru calon tidak dapat dana bantuan operasional sekolah (BOS) dan guru yg mengajar di sekolah tersebut tidak dapat menerima lagi tunjangan sertifikasi, katanya.

H. Minhajuddin Ahmad meminta, Dinas Pendidikan dan Kebudayaaan mengambil langkah cepat dan tepat.jika tidak bisa,maka anggaran NUKS bisa menggoroti anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD)kota Parepare.

Kita minta kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Sekretaris bertanggung jawab soal ini. Waktumya hanya sampai April 2020. Ada daerah pernah lakukan pelatihan, peserta bisa lulus setelah diulang beberapa kali, katanya.

Ketua Pansus LPKj Walikota Parepare TA 2018,Muhammad Iqbal, mengatakan, masalah NUKS ini menjadi salah satu rekomendasi DPRD Kota Parepare pada LPKj. Ia berharap, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bisa menindaklanjutinya.

Pengawasan Sekolah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, Hasby Latief, dihubungi terkait masalah NUKS, mengatakan Kepala Sekolah yg memiliki NUKS. Tetapi, calon Kepala Sekolah yg sudah mengikuti pelatihan dan pendidikan atau cakep dan dinyatakan lulus,sudah ada yg memilikih NUKS.

Jadi calon Kepala Sekolah sudah punya NUKS. Kepala Sekolah belum punya. ini memang pernyataan saat diseleksi ssat itu, katanya.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Arifuddin Idris mengatakan Kepala Sekolah belum memilikih NUKS karena masih menunggu dana APBD yg akan digunakan untuk pelatihan dan pendidikan.

Sebanyak 60 Kepala Sekolah SD dan SMP se-Kota Parepare telah diusulkan mengatahui pelatihan dan pendidikan,sisanya akan dianggarkan di APBD perubahan.

Masih ada waktu melaksanakan pelatihan NUKS dan ini sudah dibicarakan dengan penyelanggaraan yaitu UNM (Universitas Negeri Makassar).hanya UNM dan Unismuh ditunjukan sebagai penyelenggara, katanya.

 

 

Apa Itu NUKS?

Permendikbub nomoe 6 tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah,memberi gagasan guru sebagai kepala sekolah,memberi gambaran proses mengangkat seorang guru menjadi kepala sekolah,melalui seleksi administrasi dan seleksi akademik.

Kemudian digelar pelatihan dan pendidikan bagi calon kepala sekolah atau biaa disebut cakep.bagi yg dinyatakan lulus diberikan surat tanda tamat pendidikan dan pelatihan (STTPP).

Bagi kepala sekolah yg menjabat dan belum memilikih STTPP,wajib mengikuti dan lulus pendidikan dan pelatihan penguatan kepala sekolah.

Guru telah mengikuti pelatihan cakep dan dinyatakan lulus,disusul diterbitkannya sertifikat kepala sekolah dengan nomor regestriasi tertentu yg disebut nomor unik kepala sekolah (NUKS).

Permendikbud ini diperkuat surat edaran dirjend guru dan tenaga kependidikan (GTK)nomor.18.356 tahun 2018,pertanggal 9 agustus 2018.

Pengankatan yg tidak memenuhi persyaratan bisa berimpalasi pada pengolaan dana BOS,penertiban rapor,penertiban ijazah,dan tunjangan kepala sekolah.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment