KOMISI III MINTA MANAJEMEN PDAM OBYEKTIF
Soal Pengangkatan karyawan Tetap

By Rachmat 09 Feb 2018, 00:47:09 WIB Komisi
KOMISI III MINTA MANAJEMEN PDAM OBYEKTIF

Perekrutan karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Parepare menjadi topik pembahasan Komisi III dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Gedung DPRD, Rabu, 18 Januari 2017. Itu menyusul adanya salah seorang tenaga sukarela atas nama Adolf Alfayer yang lebih dulu mengabdi di perusahaan Milik Pemerintah Kota Parepare, tapi belum mendapatkan SK pengangkatan sebagai karyawan tetap. Sementara ada rekannya yang belakangan masuk justru SK pengangkatannya lebih cepat keluar, sehingga otomatis sudah mendapatkan gaji setiap bulannya.

                

                 Rapat Dengar Pendapat tersebut dihadiri Direktur PDAM, Lukman Hakim dan orang tua Adolft Alfayer terhadap kebijakan tersebut berujung pada pembahasan di Komisi III DPRD. La Ali, orang Tua Adolf Alfayer usai rapat mengatakan bahwa putranya tersebut telah mengabdi tenaga harian selama enam bulan lamanya, namun belum mendapat sinyal untuk diangkat sebagai karyawan tetap. Sementara ada orang lain yang baru masuk sudah mendapatkan SK pengangkatan di perusahaan milik Pemerintah Kota Parepare . Menurutnya hal tersebut dianggap diskriminasi. Ada yang baru empat bulan sudah terangkat, sedangkan Adolf Alfayer sudah enam bulan tapi belum juga terangkat menjadi karyawan tetap. Ia pun berharap pertemuan tersebut ada solusi yang dihasilkan Dewan, sehingga dalam proses pengangkatan tetap di PDAM betul-betul obyektif.

                 Direktur PDAM Kota parepare, Lukman Hakim menegaskan bahwa sistem rekruitmen atau pengangkatan karyawan dilingkupnya itu berdasarkan kompetensi dan kempuan yang dimiliki setiap karyawan dan akan meninjau kembali catatan administrasi penerimaan tenaga kerja pada perusahaan yang dipimpinnya. Hal itu dimaksudkan untuk memastikan sejak kapan seluruh tenaga kontrak itu mengabdi di PDAM. Lebih lanjut di katakan bahwa akan dibuktikan apakah betul sudah enam bulan, dan kita mau lihat tanggungjawab dan kinerjanya selama mengabdi.

                

                 Ketua Komisi III DPRD Kota Parepare, S. Parman Agoes Mante mengingatkan agar manajemen PDAM Kota Parepare agar lebih obyektif menilai kinerja tenaga kerjanya. Menurutnya, saat ini Adolf Alfayer ditugaskan di bagian produksi PDAM Kota Parepare. Beliau juga menyebutkan bahwa dalam menguji kemampuan karyawan tersebut, setidaknya Adolf Alfayer bisa dialihtugaskan di bagian lain, kita rekomendasikan Adolf Alfayer ke bagian teknis. Selain itu S. Parman Agoes mante juga meminta manajemen PDAM juga memiliki pertimbangan kemanusiaan dan lama mengabdi setiap karyawan yang diangkat.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment