MACET DI AHMAD YANI, KOMISI III-DISHUB CARIKAN SOLUSI
MACET DI AHMAD YANI, KOMISI III-DISHUB CARIKAN SOLUSI

By Awaliah Djamal 23 Nov 2018, 14:16:43 WIB Seputar Berita DPRD
MACET DI AHMAD YANI, KOMISI III-DISHUB CARIKAN SOLUSI

PAREPARE, Kamis, 15 November 2018

Penggunaan jalan mengeluhkan kemacetan disepanjang Jl. Jend. Ahmad Yani Kota Parepare. Kemacetan di jalan yang menghubungkan Kabupaten Sidrap itu,  disebabkan durasi waktu traffic light atau lampu merah cukup lama. Mengurai kemacetan dijalur lintas Sulawesi Selatan itu, Komisi III DPRD bersama Dinas Perhubungan (Dishub) turun ke lokasi untuk mencari solusi.

Sebelum ke lokasi, Dinas Perhubungan melakukan rapat dengar pendapat diruang Komisi III Gedung DPRD Parepare, kemarin. Tak lama melakukan pertemuan Komisi III dan Dishub turun kelokasi. Sepanjang titik kemacetan ditinjau di Jl. Jend. Ahmad Yani.

Nampak ketua Komisi III DPRD Parepare, Muhammad Iqbal beserta Anggota Komisi III, Kurtafati, S. Sos, John Panannangan, SE, dan Ridwan Rombe. Sementara Dishub dipimpin oelh Kadishub Parepare Yodi Haya beserta jajarannya.

Kami minta Pemerintah segera mengatasi kemacetan yang sering terjadi disepanjang Jl. Jend. Ahmad Yani. Kami mohon diatur ulang durasi waktu traffic light, ungkap Ariadi seorang pengendara.

Menurutnya, penyebab kemacetan di jalan nasional tersebut karena lampu merah terlalu lama menyala. Sedangkan lampu hijau terlalu cepat, sehingga menyebabkan terjadi penumpukan kendaraan, ungkapnya.

Kepala Dinas Perhubungan, Yodi Haya, mengatakan selain jumlah kendaraan meningkat di jalan tersebut, durasi waktu lampu pengatur lalu lintas terlalu lama.

Masalah sebenarnya adalah lampu merah terlalu lama menyala. Kita akan atur timernya agar tidak terjadi penumpukan kendaraan, sehingga menimbulkan kemacetan, imbuhnya.

Menurut survei Dinas Perhubungan Parepare, jumlah kendaraan diwaktu sibuk berjumlah seribu. Kendaraan keluar Kota sebanyak empat ratus dan enam ratus masuk kota.

Memang harus dipikirkan, jumlah kendaraan dan durasi tunda lampu merah terlalu lama, mengakibatkan terjadinya penumpukan kendaraan, katanya.

Saat ditanyakan dilakukan pengaturan ulang waktu lampu pengatur lalu lintas di Jl. Jend. Ahmad Yani, Yodi mengaku, pihaknya segera menangani.

Kita perlu diskusi untuk menyepakati berapa durasi waktu yang akan diberlakukan, berapa durasi lampu merahnya, lampu hijau dan lampu kuning. Yah, sesegera mungkin kami akan berlakukan, katanya.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Parepare, Kurtafati mengatakan pihaknya bersama Dishub turun kelokasi untuk menyikapi keluhan masyarakat karena diruas jalan tersebut kerap macet.

Terjadinya kemacetan dijalan tersebut pada pagi hari dan sore hari. Ini harus kita sikapi, karena menjadi jalur lintas daerah, ungkap Bapak Kurtafati.

Menurutnya langkah yang dilakukan untuk mencari solusi tentunya untuk memberikan rasa nyaman maupun aman bagi pengendara saat melintas di Parepare.

Tadi ada beberapa opsi untuk mengurangi kemacetan diruas jalan itu. Salah satunya adalah mengatur durasi traffic light baik dari arah Jl. Jend. Sudirman maupun dari arah Jl. Jend. Ahmad Yani (arah masuk dari Sidrap).

Dia menambahkan, pengaturan durasi traffic light diserahkan sepenuhnya ke Dishub. Setelah kita survei, ada solusi diharap diruas jalan tersebut tidak lagi terjadi kemacetan yang rawan terjadi kecelakaan, ungkapnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment