PENERIMAAN TAMU KUNJUNGAN KERJA DPRD KOTA PAREPARE

By Rachmat 09 Feb 2018, 00:53:42 WIB Sekretariat Dewan
PENERIMAAN TAMU KUNJUNGAN KERJA DPRD KOTA PAREPARE

DPRD Kota Parepare kedatangan tamu dari Panitia Khusus (Pansus) bagian aset DPRD Propinsi Sulsel, yang diterima oleh Ketua DPRD Kota Parepare bersama jajarannya diruang rapat paripurna, Selasa, 31 Januari 2017. Ketua DPRD, Ir. H. Kaharuddin Kadir, M. Si mengatakan bahwa kunjungan ini dimaksudkan untuk sharing terkait Pengelolaan Barang Pemerintah Daerah.

               

                 Lebih lanjut dikatakan bahwa salah satu indikator untuk mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) itu merupakan bagaiman pengelolaan barang atau aset daerah. Selama ini pihaknya masih mengacu pada Permendagri nomor APBD 17 Tahun 2007, namun DPRD Propinsi sudah menerapkan Permendagri nomor 27 Tahun 2016. Dengan demikian kami akan mengacu pada Permendagri yang baru Nomor 19 Tahun 2016, ungkap Beliau.

                 Wakil Ketua DPRD Kota Parepare, M. Rahmat Sjamsu Alam, SH menambahkan bahwa pihaknya mengapresiasi inisiatif DPRD Propinsi Sulsel yang telah memilih DPRD Kota Parepare sebagai rekan untuk diskusi terkait Ranperda tersebut. Namun berharap hasil rapat ini bisa memberikan perbaikan terhadap pengelolaan aset daerah khususnya di Parepare, ungkap Beliau.

 

                 Sementara Kepala Bagian Fasilitasi Legislasi dan Persidangan DPRD Kota Parepare, Naim, SH menjelaskan bahwa dengan adanya sharing terkait pengelolaan aset daerah yang diatur dalam Permendagri Nomor 19 Tahun 2016. Dari aturan ada salah satu point yang menonjol terkait dengan neraca aset, yakni setiap pengadaan barang harus tercatat neracanya di SKPD, kemudian dikirim ke bagian aset melalui online dimana sebelumnya hanya menggunakan secara manual.

 

Dengan adanya Permendagri tersebut maka neraca harus berintegrasi dengan yang ada di SKPD dengan Pemerintah Kota. Lebih lanjut di katakan bahwa sanksi dalam Pelanggaran Permendagri ini hanya sebatas sanksi administrasi. Namun untuk sanksi terberat itu pada Pejabat Pengadaan Barang, karena bisa dicopot jika melalaikan tugasnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment