PENYAKIT AKIBAT BENCANA ALAM TAK LAYANI BPJS
PENYAKIT AKIBAT BENCANA ALAM TAK LAYANI BPJS

By Rachmat 13 Nov 2018, 10:48:38 WIB Seputar Berita DPRD
PENYAKIT AKIBAT BENCANA ALAM TAK LAYANI BPJS

PAREPARE, Selasa, 25 September 2018

Semua penyakit yang disebabkan gempa Bumi atau bencana alam tidak ditanggung BPJS Kesehatan, kecuali penyakit bawaan sesuai Kepres Nomor 80 Tahun 2018.

Pejabat BPJS Kesehatan, Sina mengatakan bahwa penyakit yang diakibatkan gempa bumi atau korban gempa tidak ditanggung oleh BPJS seperti patah tulang, kecuali penyakit bawaan sesuai dengan aturan yang berlaku. Lebih lanjut dikatakan bahwa sesuai dengan aturan, penyakit yang disebabkan bencana gempa tidak ditanggung BPJS. Inilah yang menjadi kendala dalam penanganan pasien korban gempa di RSUD Andi Makkasau Kota Parepare, hal ini diungkapkan dalam rapat Hearing bersama Komisi II DPRD Kota Parepare bersama BPJS Kesehatan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Badan Pengelolah RSUD Andi Makkasau, Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Parepare.

Humas RSUD Andi Makkasau Hj. Farida, pertanyakan bagaimana penanganan kesehatan bagi pasien korban bencana gempa, sementara BPJS tidak melayani. Apakah penyakit yang diderita oleh korban gempa Sulawesi tengah seperti Hipertensi, diare, stroke dan sebagainya tidak bisa ditangani oleh BPJS.

Kepala Dinas Kesehatan Muh. Yamin menjawab pertanyaan tersebut dengan meminta semua korban gempa yang dirawat di RSUD dilayani dengan baik. “Kami terima dulu, rawatlah mereka dengan baik, karena mereka datang sudah tidak punya apa-apa, dan konsekwensinya sebagai rumah sakit rujukan diterima sala dulu, pasti ada solusiny. Pasien yang datang itu korban gempa tsunami Palu, Sigi dan Donggala dilayani saja dulu, bukan hanya Kota Parepare yang mengalami hal demikian, akan tetapi hampir semua daerah ada yang seperti itu”, katanya.

Ketua Komisi II DPRD Kota Parepare, H. Minhajuddin Ahmad mengatakan bahwa pihaknya mendapat masukan dan mengetahui kendala pelayanan pasien korban gempa, kita sudah tahu bahwa BPJS tidak melayani semua penyakit yang disebabkan gempa. DPRD akan mengkonsultasikan ke Pemerintah Pusat sebelum mengambil kebijakan.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment